Cara mengunci cells di Excel

Jika Anda memiliki data isian Excel yang penting dan takut jika para pengguna dapat mengubah, menghapus atau menambahkan data tersebut maka cara yang paling mudah adalah dengan menambahkan proteksi pada data tersebut. Mengunci cells di dalam Excel berguna untuk mengamankan data yang terdapat dalam cells tersebut agar tidak bisa diubah orang lain. Tahapannya adalah sebagai berikut:
1. Menghilangkan locked semua cells (kalau ini tidak dilakukan, semua cells nanti akan terkunci) caranya dengan select all sheet (ctrl+a)
2. Setelah semua sheet terpilih lalu klik kanan dan pilih format cells lalu pilih protection dan contrengan pada locked dihilangkan
3. Selanjutnya untuk mengunci cell. Pilih cells yang akan dikunci lalu klik kanan kemudian pilih format cells dan pilih protection kemudian klik tab locked (pastikan tab locked tercontreng) dan klik ok
4. Untuk memasukkan password pada pilihan cells yang akan dikunci. Masuk ke tab review (pada bagian atas excel) lalu pilih protect sheet dan pastikan select locked cells tidak tercontreng kemudian masukkan password dan klik ok.
Keterangan : Jika select locked cells tercontreng maka bila kita berusaha mengeditnya, akan muncul pesan "The cell or chart you are trying to change is protected and therefore read-only".

Burung Irian Cenderawasih
Cukup Sekian Terima Kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Suara Bel Sekolah + Suara Bel Kring

Download Lagu Padi

Cara Mengurus Balik Nama Mobil di Samsat Talangagung